Sabtu, 11 April 2009

Hubungan Antara Organisasi, Administras dan Manajemen

1.1 HUBUNGAN ORGANISASI,ADMINISTRASI, DAN MANAJEMEN

  1. Sebelum saya memaparkan tentang hubungan organisasi, administrasi dan manajemen terlebih dahulu akan saya jelaskan definisi dari ketiga hal tersebut.

    1. Organisasi

      Definisi organisasi menurut para ahli :

  • Scott's : "organisasi sebagai hal yang bersifat kolektif, dibentuk untuk mencapai sasaran spesifik."
  • Stephen P Robbins : "organisasi sebagai kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif, bekerja terus menerus untuk mencapai tujuan bersama."
  • Pendapat lain "organisasi dinyatakan suatu kebersamaan dan interaksi serta saling ketergantungan antar individu yang bekerja sesuai dengan aturan dan struktur yang telah ditentukan"

Dengan memperhatikan penjelasan dari pendapat para ahli tersebut tampak beberapa hal yang muncul secara dominan yakni :

  • Tujuan : dijabarkan usaha-usaha yang ingin dicapai
  • Proses : adanya usaha-usaha pengadministrasian
  • Kelompok yang bekerjasama : adanya individu yang bergabung kedalam kelompok
  1. Administrasi
    1. Arti sempit: berasal dari kata Administratie (bhs. BELANDA ), yang meliputi kegiatan: catat mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda dsb, yang bersifat teknis ketatausahaan (clerical work). Dengan demikian tata usaha adalah bagian kecil kegiatan dari Administrasi.
    2. Arti luas: berasal dari kata Administration (bhs. INGGRIS).
  • Leonard D.White: Administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok, negara atau swasta, sipil atau militer, usaha yang besar dan kecil.
  • H.A Simon: Administrasi adalah kegiatan dari kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tujuan bersama.
  • William H. Newman: Administrasi adalah bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan atas usaha-usaha kelompok individu, terhadap tercapainya tujuan bersama.

Dengan memperhatikan penjelasan tersebut di atas maka dapat diketahui bahwa:

CIRI-CIRI ADMINISTRASI adalah sebagai berikut:

  • Adanya kelompok manusia (2 orang atau lebih)
  • Adanya kerjasama dari kelompok tersebut
  • Adanya kegiatan dan proses
  • Adanya bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan
  • Adanya tujuan kelompok
  1. Manajemen

    Menurut Robert Dalam Winardi, manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian,menggerakan serta mengawasi aktifitas suatu organisasi untuk mencapai suatu koordinasi sumber daya manusia dan sumber daya alam dalam mencapai sasaran-sasaran efektif dan efisien

Setelah kita mengetahui definisi dari organisasi, administasi dan manajemen maka dapat terlihat adanya hubungan yang erat antara ketiga hal tersebut. Hal ini juga dikemukakan dalam teori

  1. Ordway Tead dan Farland:

    Administrasi terdiri atas organisasi dan manajemen.

  2. Dimock dan Koenig:
  • Inti Manajemen adalah Kepemimpinan
  • Inti Kepemimpinan adalah pengambilan keputusan
  • Inti Pengambilan Keputusan adalah hubungan antarmanusia
  • Inti dari hubungan antar manusia adalah pendekatan personal (silaturahmi)

Selain adanya hubugan antara organisasi, administrasi dan manajemen, Ordway Tead berpendapat bahwa ada perbedaan antara ketiga hal tersebut di atas :

  1. Organisasi sebagai wadah atau lembaga untuk mencapai tujuan
  2. Administrasi sebagai suatu proses yang bertanggung jawab terhadap penentuan tujuan dan kebijaksanaan
  3. Manajemen sebagai fungsi secara langsung dalam kegiatan yang dilakukan untuk merealisasikan tujuan dengan mengatur tindakan-tindakan tersebut agar tujuan tercapai.


  1. INTI ORGANISASI

    Untuk memahami keterkaitan dan inti organisasi, administrasi, manajemen, kepemimpinan, pengambilan keputusan, hubungan antar manusia dan pendekatan personal dapat dilihat dalam bentuk gambar berikut :















Penjelasan

  1. Dalam suatu organisasi terdapat serangkain aktifitas yang melibatkan sumber daya (SDM dan Non SDM) yang dalam prosesnya memerlukan administasi dan manajemen disinilah terlihat inti dari organisasi adalah administrasi.
  2. Proses administrasi berusaha untuk mencapai tujuan dengan memberdayakan manusia sebagai subjek dan sumberdaya pendukungnya berupa dana, barang, peralatan, waktu dan metode. Agar hal di atas dapat tercapai maka diperlukan manajemen. Hal ini mengandung pengertian bahwa inti dari administrasi adalah manajemen.
  3. Dalam proses manajemen terdapat aktifitas organisasi seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan secara terus menerus. Aktifitas tersebut dapat dilakukan oleh seorang manajer atau pimpinan. Dengan demikian inti dari manajemen adalah kepemimpinan.
  4. Diantara sekian banyak orang yang terlibat dalam oranisasi para pemimpinlah yang memiliki wewenang untuk mengambil keputusan (ciri dari kepemimpinan yang baik) yang berarti bahwa inti dari kepemimpinan adalah pengambilan keputusan.
  5. Pada hakikatnya tugas pokok dari kepemimpinan adalah mempengaruhi orang-orang agar mengikuti kehendaknya. Dimana dalam prosesnya perlu mempehatikan hubungan antar pribadi atau antar manusia yang baik. Ini berarti inti dari pengambilan keputusan adalah hubungan antar manusia (human relation).
  6. Salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi terletak pada hubungan antar manusia, karena semua keputusan yang diambil pada akhirnya akan berkaitan dengan kegiatan orang-orang disekitar organisasi. Maka untuk menciptakan hubungan yang akrab dan lebih baik diperlukan hubungan secara pribadi yang lebih dekat (pendekatan personal)/silaturahmi. Dengan demikian inti dari hubungan antar manusia adalah pendekatan personal.
  7. Dalam melaksanakan hubungan antar manusia , pendekatan personal sangat penting artinya hal ini tersirat juga dalam firman Allah SWT dalam surat An-Nisa ayat 1.

    "Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya {263} Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain {264}, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu"


    Dalam dunia pendidikan kemapuan pemimpin dalam pendekatan personal akan semakin terasa manfaatnya. Kepemimpinan pendidikan menghendaki seorang pemimpin yang multifungsi yang dapat berperan sebagai educator, motivator, administrator, supervisor, leader, inovator dan management, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada angota-anggotanya dan hal ini dapat tercapai apabila pemimpin yang bersangkutan mampu berkomunikasi secara timbal balik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa inti dari hubungan antar manusia (human relation) adalah pendekatan personal (personal approach)/silaturahmi.


Berdasarkan uraian di atas inti dan keterkaitan antara organisasi, administrasi, manajemen, kepemimpinan, pengambilan keputusan, hubungan antar manusia dan pendekatan personal semakin jelas. Disamping itu, setelah diuraikan satu persatu ditemukan juga bahwa inti utama dari organisasi adalah pendekatan personal yang merupakan kunci keberhasilan organisasi.

4 komentar:

  1. hihihi..
    jawaban kuis besok udah ketemu...
    terimakasih ibu...
    semoga sukses..
    Amin

    BalasHapus
  2. Setuju bu,,hub personal+komunikasi adlah salahsatu kunci penting Organisasi,,tp bukan satu-satunya..nice post..

    BalasHapus
  3. Bu, kenapa manajemen ada di nomor 3? Bales ya buu.. makasih..

    BalasHapus